menu melayang

Kamis, 08 Juni 2023

5 Cara Memperbaiki Genset Yang Tidak Keluar Arus Listrik

Konten [Tampil]

Genset adalah salah satu sumber energi listrik yang bisa digunakan untuk pengganti energi listrik saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Tapi terkadang genset juga tidak bisa mengeluarkan arus listrik, lalu bagaimana mengatasinya? Berikut cara memperbaiki genset yang tidak keluar arus listrik.
Penyebab dan cara memperbaiki genset yang tidak keluar arus listrik.

Artikel Terkait : Sewa Genset Pekanbaru

Masalah genset yang tidak dapat keluar arus listrik biasanya disebabkan oleh beberapa hal.
Salah satunya bisa juga karena tidak paham cara penggunaan genset dengan benar.
Jadi risiko terjadinya kerusakan atau tidak keluarnya arus listrik pun bisa saja terjadi.
Untuk memperbaikinya tidaklah terlalu sulit. Hanya memerlukan pemeriksaan komponen pada genset tersebut. Selanjutnya kita akan tahu komponen mana yang harus diperbaiki.
Berikut beberapa penyebab tegangan genset tidak keluar dan cara memperbaikinya:
  1. AVR mati : Penyebab genset yang tidak keluar arus listrik yaitu karena AVR yang mati. AVR adalah automatic voltage regulator berfungsi mirip seperti kapasitor yakni untuk mengatur keluarnya arus listrik dari generator. AVR hanya dimiliki oleh mesin genset dengan listrik berkapasitas di atas 2500 watt. Agar bisa mengetahui AVR genset yang rusak, kita bisa melihat tanda-tandanya. Misalnya AVR yang meleleh, atau sambungan kabel yang tidak terhubung, atau juga karena fisik AVR mengalami keretakan. Untuk bisa dilakukan dengan cara mengganti AVR yang baru. Tapi perlu Anda ketahui untuk mengganti AVR yang baru harus mempunyai kapasitas daya listrik dan bentuk yang sama seperti yang diganti.
  2. Generator terbakar : Penyebab lainnya dari genset yang tidak keluar arus listrik adalah karena generator yang terbakar. Generator adalah komponen genset berupa gulungan tembaga. Terbakarnya generator, biasanya karena menempelnya bagian stator dan rotor. Sehingga generator menjadi cepat panas dan semakin lama akan terbakar. Cara mengatasi genset tidak keluar listrik karena generatornya terbakar yakni dengan menggulung gulungan tembaga yang ada pada generator tersebut. Tapi, bila ingin lebih cepat, Anda bisa mengganti stator dan rotor dengan yang baru.
  3. Putusnya kabel output : Genset mempunyai generator yang fungsinya untuk menghasilkan arus listrik. Arus listrik yang keluar dari generator selanjutnya akan dialirkan oleh kabel menuju lubang stop kontak pada mesin genset. Tapi, kabel output terkadang meleleh disebabkan karena tidak kuatnya menahan panas listrik. Sehingga mengakibatkan arus listrik yang keluar dari generator akan terputus. Cara memperbaiki genset tidak keluar arus listrik karena kabel output putus tersebut yaitu dengan mencari jalur kabel yang keluar dari generator. Bila ternyata ada kabel yang terputus, maka sambunglah dan tutup kembali dengan selotip. Lalu cek ulang dengan multitester. 4. Dioda atau Rotating Rectifier Dioda atau rotating rectifier adalah penyebab genset tidak keluar tegangan listrik lainnya. Cara mudah memperbaiki genset yang tidak mengeluarkan arus listrik karena dioda tersebut yaitu dengan melakukan pengecekan dalam keadaan mesin genset tidak dioperasikan lalu periksa kabel-kabel pada dioda apakah terhubung dengan baik atau tidak. Kemungkinan bila dioda jebol atau mengalami kerusakan, maka Anda bisa mengeceknya satu persatu pada rotating rectifier. Lalu ukur dioda dengan multitester atau Ohmmeter. Setelah Anda memastikan dioda sudah terpasang dengan baik, maka Anda dapat menghidupkan mesin genset kemudian ukurlah kembali arus listrik dari genset tersebut.
  4. Gulungan exciter stator : Genset yang tidak keluar arus listrik dapat juga disebabkan karena gulungan exciter yang mengalami kerusakan, misalnya terbakar atau juga bocor. Dan cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa gulungan exciter lalu lakukan pengukuran nilai tahanan menggunakan multitester ohm atau ohmmeter.
Selanjutnya Anda periksa kebocoran pada isolasi kabel gulungan, lalu lepaskan masing-masing kabel dari terminalnya. Anda dapat mengganti gulungan exciter tersebut.
Itulah 5 cara memperbaiki genset yang tidak keluar arus listrik berdasarkan beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel